Sabtu, 11 Desember 2010

RPP Matematika Kelas III SD KD 4.1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Negeri Kedung Kendo Candi

Bidang Studi : Matematika

Kelas / Semester : III / 2 (dua)

Alokasi Waktu : 3 jp x 35 menit

A. Standar Kompetensi : 4. Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana.

B. Kompetensi Dasar : 4.1 Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat dan unsurnya.

C. Indikator

1. Kognitif

a. Proses : Menjelaskan pengertian bangun datar.

b. Produk : Mengurutkan besar sudut menurut ukuran.

2. Psikomotor : Menggambarkan berbagai jenis bangun datar sederhana.

3. Afektif

a. Keterampilan Berkarakter : Mengukur besar sudut dari suatu bangun datar dengan teliti.

b. Keterampilan Sosial : Mempresentasikan hasil diskusi kelompok kedepan kelas.

D. Tujuan

1. Kognitif

a. Proses : Siswa dapat menjelaskan pengertian bangun datar dengan membaca buku secara tepat.

b. Produk : Siswa dapat mengurutkan besar sudut menurut ukuran melalui penjelasan guru dengan benar.

2. Psikomotor : Siswa dapat menggambar berbagai jenis bangun datar sederhana melalui penjelasan guru dan melihat buku dengan benar.

3. Afektif

a. Keterampilan Berkarakter : Siswa dapat mempresentasikan hasil diskusi kelompok kedepan kelas melalui bimbingan guru dengan benar.

b. Keterampilan Sosial : Siswa dapat mengukur besar sudut dari suatu bangun datar dengan teliti dengan menggunakan busur derajat secara tepat.

E. Materi Pembelajaran : Bangun Datar

F. Model dan Metode Pembelajaran :

1. Model Pembelajaran : STAD (Student Teams Achievement Division)

2. Metode Pembelajaran :

a. Ceramah

b. Diskusi

G. Media yang digunakan :

1. Alat :

a. Busur derajat

b. Kertas

c. Penggaris

d. Perlengkapan menulis

2. Bahan :

a. Gambar macam-macam bangun datar

3. Sumber :

a. Handout / Modul

H. Langkah-Langkah Pembelajaran :

1. Kegiatan Awal (15 menit)

a. Guru membuka dengan salam.

b. Guru mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.

c. Guru bertanya tentang kesiapan siswa dalam memasuki kegiatan pembelajaran.

d. Presensi.

e. Guru mengajak siswa melakukan kegiatan ice breaking.

f. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran.

g. Guru bertanya jawab tentang hal hal yang berhubungan bangun datar. Misalnya, “Bagaimanakah bentuk papan tulis?”.

2. Kegiatan Inti (menit)

a. Guru menjelaskan tentang pengertian bangun datar kepada siswa.

b. Guru menjelaskan kepada siswa tentang pengurutan besar sudut menurut ukuran.

c. Dengan melakukan kegiatan tanya jawab, guru menjelaskan kepada siswa tentang sifat bangun datar.

d. Guru meminta siswa menggambar bangun datar di kertas yang telah disediakan oleh guru (LKS 01).

e. Guru memantau siswa dalam menggambar bangun datar, dan membantu siswa apabila mengalami kesulitan.

f. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.

g. Dengan melakukan kegiatan tanya jawab, guru menjelaskan tentang terbentuknya sudut.

h. Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara mengukur sudut.

i. Guru menjelaskan kepada siswa cara mengukur sudut dengan menggunakan busur derajat.

j. Guru meminta siswa untuk membentuk kelompok.

k. Satu kelompok, terdiri dari 4-5 siswa.

l. Guru membagikan busur derajat pada masing-masing kelompok.

m. Secara berkelompok, siswa mengukur besar sudut dengan menggunakan busur derajat yang telah disediakan dan mengisi Lembar Kegiatan Siswa (LKS) 03.

n. Guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.

o. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil pengukuran sudut yang mereka dapatkan secara bergantian.

p. Bagi kelompok yang dapat mempresentasikan tugas kelompok dengan baik akan diberi penghargaan.

q. Guru membuat kuis (LKS 02) dengan materi yang telah disampaikan.

r. Siswa yang dapat menjawab dengan baik dan benar akan mendapatkan penghargaan.

3. Kegiatan Akhir (15 menit)

a. Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.

b. Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.

c. Guru memberikan penguatan kepada siswa.

d. Guru memberi tugas sebagai persiapan untuk pertemuan berikutnya.

e. Siswa dan guru berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.

f. Guru mengakhiri pelajaran dengan salam.

I. Penilain :

Teknik : Tugas individu.

Bentuk Instrumen :

1. Penilaian lisan (terlampir)

Dilakukan dengan cara memberikan nilai-nilai tersendiri bagi siswa yang mampu menjawab pertanyaan dari guru secara lisan maupun bertanya tentang hal yang berhubungan dengan materi yang sedang dipelajari.

2. Penilaian tertulis (terlampir)

Penilaian yang dilakukan dengan membagikan lembar evaluasi kepada siswa untuk mengetahui penguasaan materi secara individu dan secara menyeluruh.

3. Penilaian proses atau pengamatan perilaku (terlampir)

Penilaian yang diberikan kepada siswa untuk mengetahui bagaimanakah sikap siswa selama pelajaran berlangsung.

J. Lampiran :

Mengetahui:

Kepala Sekolah, Guru Kelas,

............................................... .............................................

1 komentar:

  1. JAM Casino & Resort - Hollywood, FL
    JAM 익산 출장안마 Casino 제주 출장마사지 & Resort is the 안양 출장마사지 latest and most spectacular 나주 출장마사지 entertainment 광양 출장샵 venue to bring you an exciting gaming experience that brings you a thrilling and fun

    BalasHapus