Sabtu, 11 Desember 2010

RPP IPA Kelas I SD Semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : MI Salafiyah

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/Semester : 1/I

Pertemuan Ke- : 1

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (1 x pertemuan)

Standar Kompetensi : 1. Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya

Kompetensi Dasar : 1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya

I. Indikator

· Menerangkan bagian-bagian tubuh, misalnya mata, telinga, hidung, lidah, kulit, dan gigi

· Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati

· Membiasakan merawat tubuh

· Menunjukkan cara merawat tubuh

II. Tujuan Pembelajaran

· Melalui alat peraga yang digunakan guru siswa dapat menerangkan bagian-bagian tubuh, misalnya mata, telinga, hidung, lidah, kulit, dan gigi dengan tepat

· Melalui patung peraga siwa dapat menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati dengan benar.

· Melalui penjelasan guru siswa dapat membiasakan merawat tubuh dengan baik dan benar.

· Melalui penjelasan guru siswa dapat menunjukkan cara merawat tubuh dengan baik dan benar.

III. Materi Ajar

· Bagian-bagian anggota tubuh, kegunaan, dan cara perawatannya

IV. Model dan Metode Pembelajaran

· Ceramah

· Pemberian tugas

· Model pembelajaran NHT

V. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan ke- 1

  1. Kegiatan Awal (15 menit) :

· Guru membuka dengan salam.

· Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.

· Guru melakukan presensi.

· Guru mengadakan ice breaking bersama-sama siswa.

· Guru melakukan apersepsi.

· Guru memotivasi siswa untuk mempersiapkan diri mengikuti kegiatan pembelajaran dengan memimpin siswa untuk menyanyikan lagu ”dua mata saya bersama-sama.

· Guru menunjukkan bagian-bagian tubuh yang disebutkan dalam lagu dua mata saya.

· Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yaitu tentang bagian-bagian tubuh.

  1. Kegiatan Inti (40 menit)

· Guru membagi siswa dalam kelompok dengan anggota 4 siswa, setiap siswa menjelaskan materi sesuai nomor dan bagian masing-masing. Misalnya, nomor 1 adalah bagian mata, maka siswa yang memegang nomor 1 hanya menjelaskan tentang mata.

· Guru bertanya jawab dengan siswa tentang bagian-bagian tubuh yang mereka ketahui sesuai dengan penomoran. Misalnya, jika guru bertanya mengenai mata maka yang menjawab adalah siswa yang memegang nomor 1.

· Guru memimpin siswa untuk menyebutkan bagian-bagian tubuh, yaitu kepala, badan, dan anggota gerak.

· Melalui alat peraga yang ada,guru menunjukkan kepada siswa -bagian tubuh, yaitu kepala, badan, dan anggota gerak.

· Guru memimpin siswa untuk menyebutkan bagian-bagian tubuh yang ada di kepala, antara lain mata, hidung, dan telinga.

· Dengan menggunakan patung peraga guru menunjukkan kepada siswa bagian-bagian tubuh yang ada di kepala, antara lain mata, hidung, dan telinga.

· Guru memimpin siswa untuk menyebutkan dan menunjukkan pada patung peraga anggota tubuh yang termasuk anggota gerak, yaitu tangan dan kaki.

· Siswa melakukan Kegiatan 1.1 untuk menuliskan bagian-bagian tubuh yang sesuai dengan gambar.

  1. Kegiatan Akhir (15 menit) :

· Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.

· Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.

· Guru memberikan penguatan kepada siswa.

· guru memberi tugas sebagai persiapan untuk pertemuan berikutnya..

· Siswa dan guru berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.

· Guru mengakhiri pelajaran dengan salam.

VI. Alat dan Sumber Belajar

· Rositawaty, S. dkk. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI Kelas I. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Halaman 3-17. (terlampir)

VI.. Penilaian

Teknik : Tugas individu.

Bentuk Instrumen :

1. Penilaian lisan (terlampir)

Dilakukan dengan cara memberikan nilai-nilai tersendiri bagi siswa yang mampu menjawab pertanyaan dari guru secara lisan maupun bertanya tentang hal yang berhubungan dengan materi yang sedang dipelajari.

2. Penilaian tertulis (terlampir)

Penilaian yang dilakukan dengan membagikan lembar evaluasi kepada siswa untuk mengetahui penguasaan materi secara individu dan secara menyeluruh.

3. Penilaian proses atau pengamatan perilaku (terlampir)

Penilaian yang diberikan kepada siswa untuk mengetahui bagaimanakah sikap siswa selama pelajaran berlangsung.

Mengetahui:

Kepala Sekolah, Guru Kelas,

H. Miftah SH Nunung Fauziyah, S.Pd I

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar